one_jr

Guide Tone.

Okay, skarang kita nge-bahas soal Guide Tone. Yang dasar-dasar dulu aja ya, maaf kalau terlalu ribet karena ini materi yang cukup "mendalam". Tapi gw coba bikin biar bisa dimengerti dan mudah diterapkan.
Guide Tone tuh boleh dibilang sebagai nada "pemandu" (Guide = Pandu). Maksudnya pemandu disini, itu adalah beberapa nada dalam sebuah chord yang mewakili chord tsb.
Pada umumnya, Guide Tone memakai nada ke-3 atau ke-7 dari sebuah chord. Udah tau kan, interval sebuah tangga nada? Nada ke-1 ampe ke-8 / oktaf?
Sebagai contoh, Guide Tone dari C Mayor adalah E(3) dan B(7)... mudah kan?
Untuk penerapannya, coba kita mainin sedikit bar Jazz biasa / yang sering dipakai, progresi 2 5 1 dari Bb, yaitu C Minor(2), F Dominant(5), dan Bb Mayor(1)
Untuk di ingat, 1 itu "do" dalam progresi tersebut. Jadi dalam progresi ini do = Bb
Jadi, bagaimana cara menggunakan Guide Tone?
Pertama, ingat nada ke-3 dan nada ke-7 :
C Minor -> Eb(3) dan Bb(7)
F Dominant -> A(3) dan Eb(7)
Bb Mayor -> D(3) dan A(7)
Penerapannya :
Simple saja, pertama, main dari C, tapi pakai Guide Tonenya. Triknya, cari nada yang terdekat dengan nada dari chord berikutnya. Ini disebut "Voice Lining". Jadi, saat chord C kita main dari Bb yaitu nada ke-7 dari C, pas ganti chord ke F, kita pindah dari Bb ke A (Nada ke-3 dari F, terdekat dari Bb dan itu cuma turun 1/2 nada, ingat CHROMATIC ) lalu abis A, pindah dhe ke Bb! Mudah kan?
Jadi sebenernya tujuan Guide Tone itu melakukan transpose (Perpindahan nada) dalam jarak yang deket. Seperti contoh diatas, C -> F -> Bb, dipotong jadi Bb, A, Bb.
Yang kedua, Guide Tone bisa digunakan untuk membuat progresi terbalik tanpa keluar jalur nada, yaitu "Voice Reverse". Contohnya, progresi 2 5 1 diatas kita "balikkan" dengan Guide Tone. Kuncinya, chord pertama (2) digunakan sebagai fondasi, lalu untuk chord ke-2 (5) gunakan nada ke-7 dari nada ke-1, lalu chord ke-3 (1) gunakan nada ke-3 dari nada ke-1.
Contohnya, awalnya kan main dari C, terus pas mau pindah ke F, ambil nada ke-7 dari Bb, yaitu A, jadi kita main dari A. Pas mo pindah ke Bb, ambil nada ke-3 dari Bb yaitu D. Progresinya kan bukan 2 5 1 lagi, tapi udah 2 7 3 .
Biar gampang di ingat, kalau mau melakukan "Voice Reverse", ambil aja nada 7 dan 3 dari nada 1 dalam bar tersebut. Jadi kalau lagi main dalam bar yang do = C, brarti ambil nada ke-7 dan ke-3 dari C.
Kalau misalnya kalian bertanya apa nanti gak berantakan kalau strukturnya diubah-ubah? Jawabannya : Nggak. Dalam syarat instrumen lainnya tetap memainkan progress dasar. Jadi kalau gitarnya lagi nge-rythm, bass bisa curi kesempatan wat main Guide Tone, dan sebaliknya.
Segitu aja dulu ya, ini baru "Voice Lining" ama "Voice Reverse" tar kalau sempat gw terangin beberapa hal tentang Guide Tone.
Tapi gw yakin 2 trik tersebut udah cukup untuk mengacak-acak permainan jazz kalian

0 komentar:

Posting Komentar

dont flood and spam bradaa ^^

one_jr COMMUNIC
one_jr

ONe TOeLanK CHat

Jangan Lupa Follow/Comment Yah..!!!

My Site @boernoekoe.hexat.com

one_jr