one_jr

KITARO

Kitaro
Kitaro (喜多郎 Kitarō, lahir di Toyohashi, Prefektur Aichi, Jepang, 4 Februari 1953; umur 56 tahun dengan nama Masanori Takahashi (高橋正則 Takahashi Masanori sebagai anak seorang petani Shinto.) adalah seraong Musikus asal Jepang. Nama "Kitaro" diberikan kepadanya oleh teman-temannya dari tokoh film kartun Jepang, "Kitaro".

Masa muda

Sewaktu di SMU ia menyukai musik Soul dan Rhythm & Blues. Ia belajar bermain gitar listrik dan pentas dengan band-nya, "Albatross" di pesta-pesta dan klub-klub. Pada masa itu ia sangat dipengaruhi oleh Otis Redding, seorang pemusik R&B Amerika. "Rhythm and blues mempunyai suatu kedalaman, emosi, bagaimana harus saya katakan? Penonton merasakan emosi yang sama dari msuik saya. Musik saya bukan rhythm and blues, tetapi terasa seperti soul."

Pada awal tahun 1970-an ia sama sekali berganti haluan dan bermain keyboard. Ia bergabung dengan "Far East Family Band" dan mengadakan kunjungan keliling dunia bersama band tersebut. Di Eropa ia bertemu dengan pemusik synthesizer Jerman dan salah satu pendiri Tangerine Dream, Klaus Schulze. Schulze memproduksi dua album untuk band itu, dan memberikan beberapa petunjuk kepada Kitaru tentang bagaimana menggunakan synthesizer.

Pada 1976 ia meninggalkan band itu dan berkeliling di Asia (Tiongkok, Laos, Thailand, India).

Karier solo

Kembali ke Jepang, Kitaro memulai karier solonya pada 1977. Dua album pertamanya Ten Kai dan From the Full Moon Story menjadi favorit para penggemar dari gerakan Zaman Baru yang baru saja lahir. Tetapi musik untuk seri film NHK "Silk Road"lah yang terkenal, yang membuatnya menjadi perhatian dunia internasional.

Ia menandatangani perjanjian distribusi di seluruh dunia dengan Geffen Records pada 1986. Pada 1987 ia bekerja sama dengan berbagai pemusik, misalnya dengan Micky Hart (Grateful Dead) dan Jon Anderson (Yes) dan penjualan rekamannya melangit hingga 10 juta kopi di seluruh dunia. Selain itu, ia dinominasikan dua kali untuk Grammy dan musik iringannya (untuk film "Heaven & Earth") memenangi hadiah 1994 sebagai karya musik orisinal terbaik. Sukses musiknya yang terbesar adalah Hadiah Grammy 2001 untuk albumnya Thinking of You.

Kitaro adalah seorang bintang, tetapi ia sangat sederhana. "Alam mengilhami saya. Saya hanyalah seorang utusan," katanya. "Bagi saya, sebagian lagu bagaikan awan-awan, sebagian lagi bagaikan air." Sejak 1983 penghargaannya akan alam membuat Kitaro setiap tahun mengucap syukur kepada Ibu Pertiwi dalam sebuah "konser" khusus di Gunung Fuji atau di dekat rumahnya di Colorado. Pada saat bulan purnama di bulan Agustus, ia memukul drum Taiko dari senja hingga fajar. Seringkali tangannya berdarah-darah, namun ia terus memukul.

Dari 1983 hingga 1990 ia hidup bersama istrinya yang pertama, Yuki Taoka. Yuki adalah anak perempuan Kazuo Taoka, godfather dari Yamaguchi-gumi, sindikat Yakuza terbesar. Kitaro dan Yuki mempunyai seorang anak laki-kali, Ryunosuke, yang tinggal di Jepang. Mereka berpisah karena Kitaro bekerja umumnya di Amerika Serikat, sementara Yuki tinggal dan bekerja di Jepang. Pada pertengahan 1990-an Kitaro menikah dengan Keiko Matsubara, seorang pemusik yang bermain pada beberapa albumnya. Dengannya dan anak laki-lakinya, Kitaro hidup di Ward, di pinggiran Boulder, Colorado (AS) di sebidang tanah yang luasnya 730,000 m²) dan mengarang lagu-lagunya di studio rumahnya "Mochi House" yang luasnya 230 m² (cukup luas untuk menampung sebuah orkestra dengan 70 orang pemain).

Guide Tone.

Okay, skarang kita nge-bahas soal Guide Tone. Yang dasar-dasar dulu aja ya, maaf kalau terlalu ribet karena ini materi yang cukup "mendalam". Tapi gw coba bikin biar bisa dimengerti dan mudah diterapkan.
Guide Tone tuh boleh dibilang sebagai nada "pemandu" (Guide = Pandu). Maksudnya pemandu disini, itu adalah beberapa nada dalam sebuah chord yang mewakili chord tsb.
Pada umumnya, Guide Tone memakai nada ke-3 atau ke-7 dari sebuah chord. Udah tau kan, interval sebuah tangga nada? Nada ke-1 ampe ke-8 / oktaf?
Sebagai contoh, Guide Tone dari C Mayor adalah E(3) dan B(7)... mudah kan?
Untuk penerapannya, coba kita mainin sedikit bar Jazz biasa / yang sering dipakai, progresi 2 5 1 dari Bb, yaitu C Minor(2), F Dominant(5), dan Bb Mayor(1)
Untuk di ingat, 1 itu "do" dalam progresi tersebut. Jadi dalam progresi ini do = Bb
Jadi, bagaimana cara menggunakan Guide Tone?
Pertama, ingat nada ke-3 dan nada ke-7 :
C Minor -> Eb(3) dan Bb(7)
F Dominant -> A(3) dan Eb(7)
Bb Mayor -> D(3) dan A(7)
Penerapannya :
Simple saja, pertama, main dari C, tapi pakai Guide Tonenya. Triknya, cari nada yang terdekat dengan nada dari chord berikutnya. Ini disebut "Voice Lining". Jadi, saat chord C kita main dari Bb yaitu nada ke-7 dari C, pas ganti chord ke F, kita pindah dari Bb ke A (Nada ke-3 dari F, terdekat dari Bb dan itu cuma turun 1/2 nada, ingat CHROMATIC ) lalu abis A, pindah dhe ke Bb! Mudah kan?
Jadi sebenernya tujuan Guide Tone itu melakukan transpose (Perpindahan nada) dalam jarak yang deket. Seperti contoh diatas, C -> F -> Bb, dipotong jadi Bb, A, Bb.
Yang kedua, Guide Tone bisa digunakan untuk membuat progresi terbalik tanpa keluar jalur nada, yaitu "Voice Reverse". Contohnya, progresi 2 5 1 diatas kita "balikkan" dengan Guide Tone. Kuncinya, chord pertama (2) digunakan sebagai fondasi, lalu untuk chord ke-2 (5) gunakan nada ke-7 dari nada ke-1, lalu chord ke-3 (1) gunakan nada ke-3 dari nada ke-1.
Contohnya, awalnya kan main dari C, terus pas mau pindah ke F, ambil nada ke-7 dari Bb, yaitu A, jadi kita main dari A. Pas mo pindah ke Bb, ambil nada ke-3 dari Bb yaitu D. Progresinya kan bukan 2 5 1 lagi, tapi udah 2 7 3 .
Biar gampang di ingat, kalau mau melakukan "Voice Reverse", ambil aja nada 7 dan 3 dari nada 1 dalam bar tersebut. Jadi kalau lagi main dalam bar yang do = C, brarti ambil nada ke-7 dan ke-3 dari C.
Kalau misalnya kalian bertanya apa nanti gak berantakan kalau strukturnya diubah-ubah? Jawabannya : Nggak. Dalam syarat instrumen lainnya tetap memainkan progress dasar. Jadi kalau gitarnya lagi nge-rythm, bass bisa curi kesempatan wat main Guide Tone, dan sebaliknya.
Segitu aja dulu ya, ini baru "Voice Lining" ama "Voice Reverse" tar kalau sempat gw terangin beberapa hal tentang Guide Tone.
Tapi gw yakin 2 trik tersebut udah cukup untuk mengacak-acak permainan jazz kalian

walking jazz bass

Saya tulisin dulu yach soal Mode. Mode itu ada 7, dari bahasa Yunani semua. Ini biasanya pemakaian wat melody, improvisasi, dsb. Wat bassline juga bisa. Tinggal gimana kamu 'pinter' ngacakinnya ^_^V.
Biar gampang diinget, tujuan dari Mode itu adalah tangga nada yang SEMUA bunyinya netral! Misalnya tangga nada D -> D E F# G A B C# D kan? Tetapi kalo Mode-nya D (Dorian) -> D E F G A B C D gituw. Nih gw kasih Mode2 nya :

Ionian (C) : C D E F G A B C (Juga disebut Hippophyrigian, jadi jgn bingung ya)
Dorian (D) : D E F G A B C D
Phyrigian (E) : E F G A B C D E
Lydian (F) : F G A B C D E F
Mixolydian (G) : G A B C D E F G
Aeolian (A) : A B C D E F G A
Locrian (B) : B C D E F G A B

Nah, sekarang cara pemakaiannya. Coba kamu mainkan misalnya, Aeolian Mode! Yaitu dari A ampe A lagi. Saya tulisin TAB nya yach biar jelas :

G|--------------------5-7-9--|
D|--------------5-7-9--------|
A|--------5-7-8--------------|
E|--5-7-8--------------------|

Nah, itu bunyinya bakal A B C D E F G A B C D E. Sebentar? Katanya cuma nyampe A? Nah, saya panjangin ampe E karena kalo stop di A bakal tanggung nadanya, biar nyampe ke senar akhir gitu. Jadi tau stop di E gimana? Gampang! E itu kan nada 5 nya A, ya gak? Ayo itung : A(1) B(2) C(3) D(4) E(5) <<< nada 5 kan?
Nah, inget posisi jari pas kamu mainin mode Aeolian tadi. Inget, inget jari kamu pencetnya dimana aja. Bisa dilihat di tab diatas bahwa fret yg dipencet adalah 5,7,8, dsb.
Oke, misalnya, pas giliran interlude, kamu main dari C misalnya, terus kamu mau pake Aeolian C. Caranya? Sama kaya main Aeolian A tetapi mulainya dari C. Biar jelas nih ada tabnya :

G|---------------------------8-10-12--|
D|-------------------8-10-12----------|
A|----------8-10-11-------------------|
E|--8-10-11---------------------------|

Nah, nada yang keluar bakal kaya gini : C D Eb F G Ab Bb C D Eb F G
Kalau misalnya dah ngerti, cobain 6 mode yang lain. Inget posisi jarinya terus tempelin aja ke chord yang kamu lagi mainin. Gak terlalu susah kok!

sweeping bass

Kalau buat sweeping sih, dasarnya bole pake drill sederhana kaya gini dulu :

G--------4-2--------------5-3--------
D------3-----3----------4-----4------
A----2---------4------3---------5----
E--1--------------5-2--------------6-

Dan seterusnya... biasanya sih, ini dasar wat bikin jari terbiasa naik-turun fret biar gak kaku saat nge-sweeping.
one_jr COMMUNIC
one_jr

ONe TOeLanK CHat

Jangan Lupa Follow/Comment Yah..!!!

My Site @boernoekoe.hexat.com

one_jr