Penamaan
Nama Uluru digunakan oleh orang Aborigin dan tidak memiliki makna khusus dalam Pitjantjatjara, bahasa setempat.Pada 1993, diadopsilah kebijakan nama dual sehingga pada 15 Desember, namanya menjadi Ayers Rock / Uluru dan pada 6 November 2002, namanya dibalik menjadi Uluru/Ayers Rock atas permintaan dari Asosiasi Turisme Regional Alice Springs.
Deskripsi
Uluru merupakan salah satu dari Australia yang paling recognisable alam ikon. Dunia-terkenal pasir formasi berdiri 348 m (1142 ft) tinggi (863 m / 2831 ft di atas permukaan laut) dengan sebagian besar dari massal di bawah tanah, dan mengukur 9,4 km (5,8 mil) lingkar. Kedua Uluru dan Kata Tjuta memiliki makna budaya besar untuk Aṉangu Tradisional pemilik tanah, yang mengarah ke jalan-jalan wisata menginformasikan pengunjung lokal tentang flora dan fauna, makanan dan semak Aborigin Mimpi cerita kawasan.Uluru adalah penting untuk muncul untuk mengubah warna berbeda sebagai cahaya pemogokan itu pada waktu yang berbeda dari hari dan tahun, dengan matahari terbenam yang luar biasa terutama ketika melihat glows sebentar merah. Meskipun curah hujan yang jarang di daerah ini semiarid, selama periode basah batu mengakuisisi satu perak-warna abu-abu, hitam dengan streaks algae pembentukan di daerah-daerah yang berfungsi sebagai saluran untuk air mengalir.
Kata Tjuta, juga disebut Mount Olga atau Olgas, merupakan salah satu formasi batuan sekitar 25 km (16 mil) dari Uluru. Khusus melihat daerah dengan akses jalan dan parkir telah dibangun wisatawan untuk memberikan yang terbaik dilihat dari kedua situs saat fajar dan senja.
Geologi
Uluru adalah inselberg, literally "pulau gunung", yang terpencil sisa kiri setelah lambat erosi yang asli pegunungan. Uluru juga sering disebut sebagai monolit, meskipun ini adalah istilah yang dwimakna karena beberapa arti , dan dengan demikian kata umumnya dihindari oleh Geologists. Fitur yang luar biasa dari Uluru adalah keserbasamaan dan kurangnya jointing dan perpisahan seperai di permukaan, yang mengarah ke kurangnya pembangunan scree lereng dan tanah. Karakteristik ini dipimpin nya hidup, sementara di sekitar batu itu eroded. Untuk tujuan pemetaan geologi dan menjelaskan sejarah kawasan, Geologists merujuk pada pembuatan batu strata atas Uluru sebagai Mutitjulu Arkose, dan merupakan salah satu banyak yg membahana mengisi dengan Amadeus Basin.Komposisi
Uluru adalah terdiri dari dominantly kasar arkose, jenis pasir dicirikan oleh kelimpahan dari feldspar, dan beberapa konglomerat. komposisi rata-rata adalah 50% feldspar, kuarsa 25-35% dan sampai dengan 25% fragmen batuan kebanyakan adalah feldspar K-feldspar dengan hanya kecil plagioclase sebagai subrounded butir dan sangat inclusions diubah dalam K-feldspar. yang biasanya 2-4 butir millimetres (0.079-0.16 dalam) di garis tengah, dan tajam ke subangular, yang pasir halus yang diurutkan dengan baik, dengan penyortiran menurun dengan peningkatan ukuran butiran. fragmen batuan yang termasuk subrounded basal, selalu digantikan oleh derajat ke berbagai chlorite dan epidote. yang hadir menyarankan mineral asal dari sumber granit besar, mirip dengan Blokir Musgrave yang terkena selatan.Ketika relatif segar, batu yang memiliki warna abu-abu, namun pelapukan besi tanah mineral oleh proses oksidasi memberikan permukaan luar lapisan batu merah-brown rusty colour. Fitur yang berkaitan dengan endapan dari endapan termasuk lintas seperai dan ripples, analisis yang ditunjukkan dari endapan luas dangkal energi tinggi berhubung dgn sungai dan saluran banjir lembar, khas dari alluvial fans. Usia dan asal
Mutitjulu Arkose yang diyakini menjadi sekitar usia yang sama seperti di Kata Tjuta konglomerat, dan ada yang serupa asal walaupun jenis batu yang berbeda, tetapi lebih muda dari yang terkena batu di sebelah timur Gunung Conner, dan tidak terkait dengan mereka. Strata di Uluru yang hampir vertikal, penyelaman di selatan barat di 85 °, dan memiliki ketebalan terkena sedikitnya 2.400 m (7900 ft). Strata yang menukik di bawah sekitar polos dan tidak ada keraguan memperpanjang baik luar Uluru di bawah permukaan, tetapi di mana tidak diketahui. Batu pasir pada awalnya, didepositkan sebagai bagian dari luas alluvial fan yang panjang dari nenek moyang dari Musgrave, Mann Petermann Ranges dan ke sebelah selatan dan barat, tetapi terpisah dari dekat kipas angin yang didepositkan pasir, batu kerikil dan cobbles bahwa sekarang make up Kata Tjuta. yang mirip dengan komposisi mineral Mutitjulu Arkose dan granit berkisar di selatan sekarang jelasnya. Nenek moyang yang berkisar di selatan pernah jauh lebih besar daripada eroded remnants kita lihat hari ini. Mereka berdesak-desakan sampai saat gunung bangunan episode disebut sebagai Petermann Orogeny yang terjadi pada akhir Neoproterozoic ke awal Cambrian kali (550-530 Ma), sehingga Mutitjulu Arkose diyakini telah didepositkan di sekitar waktu yang sama. Arkose di atas batu pasir yang membuat formasi yang terdiri dari biji-bijian yang menunjukkan sedikit penyortiran berdasarkan ukuran butiran, pameran sangat sedikit dan pembulatan feldspars di batuan yang relatif segar dalam tampilannya. Ketidakjelasan ini penyortiran dan gandum pembulatan adalah khas dari arkosic sandstones dan indikasi yang relatif cepat dari erosi granites berkembang dari gunung di sebelah selatan. Pada lapisan pasir yang hampir horisontal ketika didepositkan, namun kemudian mereka tilted dekat posisi vertikal saat nanti episode dari gunung bangunan, kemungkinan di Alice Springs Orogeny dari usia Palaeozoic (400-300 Ma)
Flora dan Fauna
Secara historis, 46 jenis mamalia asli diketahui telah tinggal di daerah Uluru; menurut survei terakhir saat ini terdapat 21. Aṉangu mengakui bahwa penurunan jumlah memiliki implikasi untuk kondisi kesehatan dan pemandangannya. Bergerak yang didukung untuk reintroduction dari lokal punah hewan seperti Malleefowl, common Brushtail Possum, berwarna karat Hare-bangunan atau Mala, Bilby, Burrowing Bettong dan Black-flanked-Rock bangunan.The Mulgara, satu-satunya mamalia yang terdaftar sebagai rentan, banyak terbatas pada daerah dataran pasir transisi, band yang sempit dari negara yang stretches dari sekitar Uluru ke Utara batas dari dan ke taman Ayers Rock Resort. Daerah ini juga berisi berkenaan dgn hewan berkandung mole, Woma Python dan Great Desert Skink.
The bat penduduk taman terdiri setidaknya tujuh spesies yang bergantung pada hari roosting situs dalam gua-gua dan crevices dari Uluru dan Kata Tjuta. Sebagian besar kelelawar untuk mencari mangsa di udara 100 m (330 ft) atau lebih dari batu muka. Taman sangat kaya reptile fauna yang cukup tinggi dengan kepentingan konservasi 73 spesies yang telah direkam terpercaya. Empat jenis katak yang melimpah di dasar Uluru dan Kata Tjuta berikut hujan panas. The Great Desert Skink terdaftar sebagai rentan.
Aṉangu terus berburu dan mengumpulkan spesies hewan di daerah terpencil di taman dan anangu tanah di tempat lain. Berburu sangat kepada Red Kangaroo, Bush Turki, Emu dan lizards seperti Pasir Goanna dan Perentie.
Dari 27 spesies mamalia yang ditemukan di taman, enam diperkenalkan: Rumah Mouse, unta, rubah, kucing, anjing dan kelinci. Spesies ini didistribusikan di seluruh taman tetapi mereka densities yang paling kaya di air run-off area Uluru dan Kata Tjuta. Pohon di pangkal Uluru.
Uluru - Taman Nasional Kata Tjuta flora merupakan porsi besar tanaman ditemukan di Australia Tengah. Sejumlah spesies ini dianggap langka dan terbatas di taman atau wilayah segera. Ada banyak tanaman langka dan endemik di Uluru dan Kata Tjuta.
Pertumbuhan dan reproduksi tanaman masyarakat bergantung pada curah hujan luar biasa. Beberapa tumbuhan dapat bertahan api dan ada pula yang bergantung padanya untuk mereproduksi. Tanaman adalah bagian penting dari Tjukurpa, dan ada upacara untuk tiap tanaman pangan utama. Banyak tanaman yang terkait dengan leluhur makhluk.
Flora di Uluru - Taman Nasional Kata Tjuta dapat rusak ke dalam kategori berikut:
* Punu - pohon * Puti - shrubs * Tjulpun-tjulpunpa - bunga * Ukiri - rumputPohon seperti Mulga dan Centralian Bloodwood digunakan untuk membuat alat-alat seperti spearheads, boomerangs dan mangkuk. Getah merah dari bloodwood digunakan sebagai desinfektan dan inhalant untuk batuk dan colds.
Ada beberapa spesies langka dan terancam punah di taman. Kebanyakan dari mereka, seperti Adder's Tongue ferns, dibatasi ke daerah-daerah basah di dasar pembentukan, wilayah yang tinggi dan menggunakan pengunjung terganggu erosi.
Sejak pertama Eropa tiba, 34 spesies tanaman eksotik telah direkam di taman, mewakili sekitar 6,4% dari total taman flora. Beberapa, seperti tahan lama buffel rumput (Cenchrus ciliaris), telah diperkenalkan untuk merehabilitasi kawasan yang rusak oleh erosi. Hal ini yang paling mengancam rumput di taman dan telah menyebar ke menyerbu air dan gizi-kaya saluran drainase. Beberapa orang lain, seperti burrgrass, yang dibawa secara tidak sengaja, dibawa mobil dan manusia.
Iklim
Taman menerima curah hujan yang rata-rata 307,7 mm (12,1 in) per tahun, dan suhu rata-rata adalah 37,8 ° C (100,0 ° F) pada musim panas dan 4,7 ° C (40,5 ° F) pada musim dingin. Suhu ekstrem di taman telah tercatat 45 ° C (113 ° F) selama musim panas dan -5 ° C (23 ° F) selama musim dingin malam. UV tingkat yang paling ekstrim hari, rata-rata antara 11 dan 15.Lokal orang Aborigin mengakui lima musim:
1. Piriyakutu (Agustus / September) - Hewan berkembang biak dan makanan tanaman bunga 2. Mai Wiyaringkupai (November / Desember) - The musim panas ketika makanan menjadi langka 3. Itjanu (Januari / Februari / Maret) - sporadis badai dapat beramai-ramai tiba-tiba 4. Wanitjunkupai (April / Mei) - cuaca dingin 5. Wari (Juni / Juli) - musim dingin membawa pagi frosts
Mitos,Legenda, dan Tradisi Suku Aborigin
Menurut pemilik tanah tradisional Anangu dari Uluru:"Dunia ini menarik sekali tempat. Tidak ada tempat kita tahu ada sampai pencipta makhluk, dalam bentuk manusia, hewan dan tanaman, perjalanan secara luas di seluruh negeri. Kemudian, dalam proses penciptaan dan kehancuran, mereka membentuk lansekap seperti yang kita tahu hari ini. Anangu tanah masih dihuni oleh roh-roh leluhur ini puluhan pencipta makhluk yang disebut sebagai Tjukuritja atau Waparitja. "Ada beberapa account yang berbeda, oleh orang luar, dari cerita leluhur Aborigin yang berasal dari Uluru dan banyak keretakan dan fissures. Salah satu rekening, diambil dari dari Robert Layton (1989) Uluru: Sebuah sejarah Aborigin Ayers Rock, dibaca sebagai berikut:
"Uluru (Ayers Rock) dibangun atas selama periode penciptaan oleh dua anak laki-laki yang diputar dalam lumpur setelah hujan. Ketika mereka telah selesai mereka permainan mereka melakukan perjalanan ke selatan Wiputa .. Fighting bersama dengan dua anak laki-laki yang dibuat mereka jalan ke meja topped Gunung Conner, di atas tubuh mereka yang sudah diawetkan sebagai boulders "(Page 5)Dua lainnya adalah account yang diberikan dalam Norbert Brockman's (1997) Encyclopedia of Sacred Places. Yang pertama bercerita tentang ular makhluk yang banyak waged wars sekitar Uluru, scarring the rock. Memberitahu kedua dari dua suku dari roh leluhur yang diundang ke pesta itu, namun perhatiannya oleh indah Sleepy Lizard Perempuan dan tidak muncul. Dalam Tanggapan, alam yang marah sang jahat menjadi patung lumpur yang datang ke hidup sebagai dingo. Ada diikuti peperangan yang besar, yang berakhir pada kematian dari para pemimpin dari kedua suku. Bumi itu sendiri meningkat dalam kesedihan di darah, menjadi Uluru.
The Commonwealth Department of Environment's webpage nasihat:
"Banyak .. Tjukurpa seperti Kalaya (Emu), Liru (racun ular), Lungkata (kadal lidah biru), Luunpa (pekakak) dan Tjintir-tjintirpa (willie wagtail) perjalanan melalui Uluru-Kata Tjuta Taman Nasional. Tjukurpa mempengaruhi hanya Lain-lain satu wilayah tertentu.
"Kuniya, yang woma python, tinggal di batu di mana ia berjuang Uluru yang Liru, ular yang berbisa."Hal ini kadang-kadang melaporkan bahwa orang-orang yang mengambil batu dari formasi akan terkutuk dan menderita malapetaka. Ada banyak contoh di mana orang-orang yang dihilangkan seperti rocks mail mereka berusaha untuk kembali ke berbagai lembaga dalam upaya untuk menghapus dianggap kutukan
Sejarah
Temuan arkeologi di timur dan barat menunjukkan bahwa manusia yang menetap di kawasan lebih dari 10.000 tahun yang lalu. Eropa tiba di Australia Barat Desert di 1870s. Uluru dan Kata Tjuta pertama kali dipetakan oleh 1872 di Eropa selama periode expeditionary dimungkinkan oleh pembangunan Australian Overland Telegraph Line. Dalam ekspedisi terpisah, Ernest Giles dan William Gosse adalah penjelajah Eropa pertama ke wilayah ini.Sambil menjelajahi daerah dalam 1872, Giles mata Kata Tjuta dari dekat lokasi Kings Canyon dan memanggilnya Mount Olga, sedangkan pada tahun berikutnya Gosse diamati Uluru dan nama Ayers Rock. Eksplorasi lebih lanjut diikuti dengan tujuan untuk mendirikan kemungkinan kawasan untuk pastoralism. Pada akhir 1800, pastoralists berusaha untuk membuat sendiri di daerah-daerah yang berdampingan Selatan barat / Petermann Reserve dan interaksi antara Aṉangu putih dan orang menjadi lebih sering dan lebih ganas. Karena efek dari grazing dan kekeringan, bush toko makanan menjadi dikosongkan. Kompetisi sumber daya untuk menciptakan konflik antara dua kelompok, sehingga lebih sering patroli polisi. Nantinya, selama depresi di 1930an, menjadi Aṉangu terlibat dalam dingo scalping dengan 'doggers' yang diperkenalkan ke Eropa Aṉangu makanan dan cara.
Antara 1918 dan 1921, berdampingan besar wilayah Australia Selatan, Australia Barat dan Northern Territory yang dinyatakan sebagai cadangan Aborigin, sanctuaries pengembara untuk orang-orang yang hampir tidak pernah kontak dengan pemukim Eropa. Dalam 1920, bagian dari Uluru - Taman Nasional Kata Tjuta telah menyatakan adanya Aborigin Reserve (biasa dikenal sebagai Selatan-Barat atau Petermann Reserve) oleh pemerintah Australia di bawah ordonansi Aboriginals.
Yang pertama wisatawan yang tiba di daerah di Uluru 1936. Di awal tahun 1940-an, tetap Eropa kawasan pemukiman untuk alasan yang Aborigin kesejahteraan dan kebijakan untuk membantu mempromosikan pariwisata di Uluru. Ini meningkat pariwisata diminta pembentukan kendaraan pertama di trek 1948 dan layanan bis wisata dimulai pada awal dekade berikut. Pada tahun 1958, wilayah yang akan menjadi Uluru - Kata Tjuta Taman Nasional telah excised dari Petermann Reserve; ia ditempatkan di bawah manajemen di Northern Territory dan Cadangan Papan nama Ayers Rock - Taman Nasional Gunung Olga. Yang pertama adalah Bill ranger Harney, baik yang diakui tokoh sentral Australia. By 1959, pertama sewa motel telah diberikan dan Connellan Eddie telah dibangun sebuah airstrip dekat dengan sisi utara Uluru.
Pada tanggal 5 Maret 1968, tiga kursi G2 helikopter Bell 47 berpilot oleh Philip Latz crashed di Uluru, sekitar 1 mil (1.6 km) timur yang piramida dr batu kasar. Yang rusak itu diangkat pada 28 Maret oleh Sikorsky S58 helikopter.
Pada tanggal 26 Oktober 1985, pemerintah Australia kembali kepemilikan Uluru ke Pitjantjatjara Aborigines lokal, dengan salah satu kondisi yang Aṉangu bahwa sewa akan kembali ke Taman Nasional dan Wildlife agen untuk 99 tahun dan yang akan dikelola bersama-sama. Komunitas Aborigin yang Mutitjulu, jumlah penduduk sekitar 300, berada di dekat barat akhir Uluru. Uluru adalah dari 17 km (11 mil) melalui jalan darat ke kota turis Yulara, populasi 3000 yang hanya terletak di luar taman nasional.
Pariwisata
Pengembangan pariwisata yang bersebelahan dengan infrastruktur dasar Uluru yang dimulai pada tahun 1950-an segera diproduksi Adverse dampak lingkungan. Telah diputuskan pada awal tahun 1970-an untuk menghapus semua yang berhubungan dengan akomodasi dan fasilitas wisata kembali membuat mereka di luar taman. Pada tahun 1975, pesanan dari 104 km persegi (40 mil persegi) tanah di luar batas taman dari utara, 15 kilometer (9 mil) dari Uluru, telah disetujui untuk perkembangan pariwisata dan fasilitas bandara yang terkait, yang akan dikenal sebagai Yulara . Kamp tanah di dalam taman itu ditutup pada tahun 1983 dan Motels ditutup pada akhir tahun 1984, bertepatan dengan pembukaan Yulara resor. Pada tahun 1992, sebagian besar pada Yulara Resor diselenggarakan oleh Pemerintah Northern Territory yang dijual dan diubah namanya resor Ayers Rock Resort.Sejak taman telah terdaftar sebagai sebuah Situs Warisan Dunia, jumlah pengunjung tahunan naik ke lebih dari 400.000 pengunjung pada tahun 2000. Peningkatan pariwisata regional dan nasional memberikan keuntungan ekonomi. Ia juga terus-menerus menyajikan sebuah tantangan untuk menyeimbangkan konservasi dari nilai-nilai budaya dan kebutuhan pengunjung. Climbers dan tanda peringatan
Panjat Tebing
Lokal tidak naik Aṉangu Uluru karena sangat penting rohani. Mereka meminta agar pengunjung tidak naik batu, sebagian karena persimpangan jalan yang sakral Mimpi lagu tradisional, dan juga karena adanya rasa tanggung jawab atas keselamatan pengunjung ke tanah mereka. Aṉangu yang percaya bahwa mereka memiliki koneksi ke Uluru rohani, kesedihan dan merasa besar ketika seseorang meninggal atau terluka ketika naik.
Pada tanggal 11 Desember 1983, Perdana Menteri Bob Hawke tangan berjanji untuk kembali ke tanah Aṉangu tradisional dan pemilik sepakat untuk masyarakat dari 10-titik rencana yang disertakan mengejuntukan yang naik dari Uluru. Namun, pemerintah menetapkan akses ke Uluru naik dan sewa 99 tahun, daripada yang sebelumnya disepakati 50 tahun sewa, seperti kondisi sebelum judul diberikan secara resmi kembali ke Aṉangu.
Climbing Uluru merupakan daya tarik bagi pengunjung. J rantai pegangan ditambahkan pada tahun 1964 dan diperpanjang pada tahun 1976, menjadikan hari-panjang lebih mudah naik, tetapi masih panjang (800 m/0.5 mi) dan kenaikan tajam ke atas, di mana ia dapat cukup berangin. Yang di atas rata-rata tingkat kebugaran dan toleransi yang tinggi untuk kondisi gurun diperlukan. Climbing Uluru umumnya tertutup untuk umum tinggi ketika angin yang tercatat di atas. Selama bertahun-tahun ada sedikitnya 35 kematian yang berkaitan dengan insiden pendakian.
Fotografi
Aṉangu yang juga meminta agar pengunjung tidak foto Uluru bagian tertentu, dengan alasan yang berkaitan dengan kepercayaan tradisional Tjukurpa. Daerah-daerah tersebut adalah situs-link jender ritual, dan dilarang untuk tanah Aṉangu seks yang berlawanan dari orang-orang yang berpartisipasi dalam ritual tersebut. Foto ban yang dimaksudkan untuk mencegah dari Aṉangu ini secara tidak sengaja melanggar tabu hadapi oleh foto-foto dari situs yang dilarang di dunia luar
0 komentar:
Posting Komentar
dont flood and spam bradaa ^^